PENGERTIAN HARDWARE
Pengertian
dari hardware atau dalam bahasa
indonesianya disebut juga dengan nama perangkat keras adalah salah satu
komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba oleh
manusia secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk
mendukung proses komputerisasi.
Hardware
dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang
juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang
dapat dimengerti olehhardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan
berbagai kegiatan yang telah ditentukan
oleh pemberi perintah.
Bagian
utama pada computer adalah CPU (Central Processing Unit), yang berfungsi
sebagai otak dari computer. Untuk dapat bekerja, CPU memerlukan alat masukan
untuk memasukan informasi ataupun perintah. Hasilnya akan di keluarkan melalui
alat keluaran. Informasi ataupun data dapat juga di ambil dan di simpan dari
dan ke media penyimpanan.
Secara
fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem.
Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu
kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak
berfungsinya suatu komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam
kategori elemen perangkat keras (hardware). Berdasarkan fungsinya, perangkat
keras komputer dibagi menjadi :
1. input divice (unit masukan)
2. Process device (unit Pemrosesan)
3. Output device (unit keluaran)
4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
5. Periferal ( unit tambahan)
komponen
dasar komputer yang terdiri dari input, process, output dan storage. Input
device terdiri dari keyboard dan mouse, Process device adalah microprocessor
(ALU, Internal Communication, Registers dan control section), Output device
terdiri dari monitor dan printer, Storage external memory terdiri dari
harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage internal memory terdiri
dari RAM dan ROM. Sedangkan komponen Periferal Device merupakan komponen
tambahan atau sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya.
Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card.
1. Unit Masukan ( Input Device )
Unit ini
berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori
dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input
devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard
dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna)
dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk
bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil
gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel,
dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file.
Microphone, untuk merekam suara ke dalamkomputer.
Input
device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam
suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang
diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistemkomputer dapat berbentuk signal
input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke
dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang
digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain
digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program.
Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
• Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan
langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch
screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
• Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media
tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched
card, disket, harddisk.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa
macam peranti yaitu :
a. Keyboard
Keyboard
merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan
komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus
serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah
lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.
Penciptaankeyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan
dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887
diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington.Keyboard yang digunakanan
sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan
sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah
tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal
memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
b. Mouse
Mouse
adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk
perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai
perintah praktis dan cepat dibanding dengankeyboard . Mouse mulai digunakan
secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User
Interface). sinyal-sinyal listrik sebagaiinput device mouse ini dihasilkan oleh
bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya.
Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan
yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan
tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah
penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan
berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada
pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula
istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri
mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan
objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya.
Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan
klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali
disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu
mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
c. Touchpad
Unit
masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan
menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti
mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing
stick dan trackball.
d. Light Pen
Light pen
adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar
dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan
sinyal cahaya kekomputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja
dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
e. Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini
biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk
tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat
dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu
objek dalamkomputer.
f. Barcode
Barcode
termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk
membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical
yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya
menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku.
Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia
untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
g. Scanner
Scanner
adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar
atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memorikomputer. Dari memori komputer
selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini
mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat
dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui
monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi
dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file
gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan
untuk mendeteksi lembar jawabankomputer. Scanner yang biasa digunakan untuk
melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan
untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer ) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan
jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali
jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy
gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical
Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
Saat ini
telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem
kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer,
biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar
jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat
tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.
h. Kamera Digital
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu
menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan
kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin
gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini
ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu
banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana
kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam
memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau
ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada
berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis
sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti
halnya video.
i. Mikropon dan
Headphone
Unit
masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan
dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita
dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan
pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras
lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker
untuk mendengarkan suara.
j. Graphics Pads
Teknologi
Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin
mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini
merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang
digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang
dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada
bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch
sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian
diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif
sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah
dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
K. Touch screen
Touch
screen mempunyai kemampuan menampilkan dan menerima informasi langsung pada
layar yang sama. dengan demikian, kita dapat langsung berinteraksi dengan
computer tanpa menggunakan mouse ataupun keyboard. Terkadang kita cukup
meyentuhkan jari langsung pada layar atau memerlukan alat tambahan seperti
light pen ataupun jarum khusus
2. Unit keluaran (output device)
Alat
keluaran bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk mengelarkan
hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu
media yang dapat di baca oleh manusia ataupun dapat di gunkan sbagai penyimpanan
data hasil proses.
Ø Jenis-Jenis Unit
Keluaran
Monitor
Monitor
komputer adalah alat keluaran yang dapat menampilkan gambar yang dihasilkan
komputer komputer tanpa rekaman permanen. Monitor komputer biasanya menggunakan
teknologi tabung sinar katode (CTR= cathode ray tube), atau dapat juga terdiri
atas panel datas seperti TFT LCD (liquit crystal display)
LCD Proyektor
LCD
Pryektor mempunyai kegunaan seperti monitor, hanya saja gambar yang di
keluarkan akan di tampilkan di layar atau sembarang permukaan yang datar. Alat
ini sering di gunakan untu presentasi atau pertunjukan. Keberadaan LCD
Proyektor ini mulai menggantikan Slide Projector ataupun OHP (Over Head
Projector)
Dengan
lensa yang dapat memproyeksikan gambar pada layar atau permukaan datar maka
hasilnya akan dapat terlihat sangat besar sehingga kita tidak perlu menggunakan
TV ataupun monitor yang besar..
·
Printer
Printer
adalah alat keluaran yang menghasilkan hard copy dari dokumen yang di simpan
dalam bentuk elektronik, biasanya pada media fisik seperti kertas ataupun
transparansi. Secara singkat printer dapat menghasilkan teks, tulisan ataupun
gambar dari komputer yg di cetak pada media seperti kertas. Biasanya printer di
hubungkan langsung ke komputer dengan menggunakan kabel printer atau kabel USB
yang mempunyai dokumen yang akan di cetak.
·
Speaker
Speaker
komputer adalah speaker eksternal yang biasanya di lengkapi dengan jack plug
stereo 1/8 inci untuk sound card computer. Terkadang orang menghubungkan sound
card dengan speaker USB.
PENGERTIAN SOFTWARE
Software
(perangkat lunak, merupakan program-program komputer yang berguna untuk
menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Program tersebut
ditulis dengan bahasa khusus yang imengerti oleh komputer. Software terdiri
dari beberapa jenis, yaitu;
A. Perkembangan software
Perkembangan software dibagi kedalam empat periode yaitu :
Periode Pioner
Periode Stabil
Periode Mikro
Periode Modern
a. Periode Pioner (1950 – 1963)
Bentuk perangkat
lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabelke antar bagian dalam
komputer
Penggunaan
komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program untuk sebuah
mesin dan digunakan untuk tujuan tertentu
Penggunaan
komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesaidikerjakan komputer
berupa print out.
Proses yang di lakukan
di dalam komputer berupa baris instruksi yang diproses secara berurutan
b. Periode Stabil (1963 – 1980)
Pada era stabil
penggunaan komputer sudah cukup meluas dan banyak digunakan di berbagai
kalangan
Perusahaan
perangkat lunak bermunculan
Baris-baris
perintah perangkat lunak yang dijalankan oleh komputer dilakukan secara
serempak (multi tasking)
Satu perangkat
lunak dapat digunakan oleh banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung
(real time)
Mulai
diperkenalkan sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemroses)
dengan data (yang di proses)
c. Periode Mikro (1980 – 1990)
Perangkat lunak
dapat dibedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal,
dan perangkat lunak aplikasi yang digunakan secara langsung oleh penggunannya
untuk keperluan tertentu
Automatisasi yang
ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.
d. Periode Modern (1990 – …)
Perangkat
lunak/software terdapat pada hampir semua perangkat elektronik
Semua perangkat
yang memiliki software dapat saling terhubung (otomatisasi)
Pembuatan sebuah
perangkat lunak bukan lagi pekerjaan segelentir orang, tetapi telah menjadi
pekerjaan banyak orang, dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai
disiplin ilmu dalam perancangannya.
Tingkat kecerdasan
yang ditunjukkan oleh perangkat lunak pun semakin meningkat, selain
permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal suara dan gambar
Software terdiri
dari beberapa jenis, yaitu;
· Sistem
Operasi, seperti DOS, Unix, Linux, Novell.OS/2,Windows, adalah software yang
berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer
sehingga masing-masingnya dapat saling berkomunikasi. Tanpa ada sistem operasi
maka komputer tak dapat difungsikan sama sekali.
Program Utility,
seperti Norton Utility, Scandisk, PC Tools, dll. Program utility barfungsi
untuk membantu atau mengisi kekurangan/kelemahan dari system operasi, misalnya
PC Tools dapat melakukan perintaah format sebagaimana DOS, tapi PC Tools mampu
memberikan keterangan dan animasi yang bagus dalam proses pemformatan. File
yang telah di hapus oleh DOS tidak dapat dikembalikan lagi tapi dengan program
bantu hal ini dapat dilakukan.
Program Aplikasi,
seperti GL,MYOB,Payroll dll. Merupakan program yang khusus melakukan suatu
pekerjaan tertentu, seperti program gaji pada suatu perusahaan. Maka program
ini hanya digunakan oleh bagian keuangan saja tidak dapat digunakan oleh
departemen yang lain. Biasanya program aplikasi ini dibuat oleh seorang programmer
komputer sesuai dengan permintaan/kebutuhan seseorang/lembaga/perusahaan guna
keperluan interennya.
Program Paket,
seperti Microsoft office, Adobe fotoshop, macromedia studio, open office dll
Adalah program yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh
banyak orang dengan berbagai kepentingan. Seperti MS-office, dapat digunakan
oleh departemen keuangan untuk membuat nota, atau bagian adminstrasi untuk
membuat surat penawaran dan lain sebagainya.
Bahasa
Pemrograman, PHP, ASP, dBase, Visual Basic dll. Merupakan software yang khusus
digunakan untuk membuat program komputer, apakah itu sistem operasi, program
paket dll.
Bahasa pemograman ini biasanya dibagi atas 3 tingkatan
yaitu;
Low Level
Language, bahasa pemrograman generasi pertama, bahasa pemrograman jenis ini
sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Biasanya
yang mengerti hanyalah pembuatnya saja.
Midle Level
Language, merupakan bahasa pemrograman tingkat menengah dimana penggunaan
instruksi sudah mendekati bahasa sehari-hari, walaupun begitu masih sulit untuk
dimengerti karena banyak menggunakaan singkatan-singkatan seperti STO artinya
simpan (singkatan dari STORE) dan MOV artinya pindah (singkatan dari MOVE).
Yang tergolong dalam bahasa ini adalah Assembler, For Tran (Formula
Translator).
High Level
Language, merupakan bahasa tingkat tinggi yang mempunyai ciri mudah dimengerti,
karena menggunakan bahasa sehari-hari, seperti BASIC, dBase, Visual Basic, VB.
Net dan lain-lain.
2.Perangkat Lunak Aplikasi
Pengolah Kata
Contoh : Word
Star, Chi Writer, Ms Word, dll
Spread Sheet
Contoh : Lotus,
Excel, SPSS, dll
DBMS
Contoh : Dbase,
Access, FoxPro, dll
Multimedia
Contoh : Media
Player, Winamp, Pinnacle Studio, dll
Aplikasi Games
Contoh : Mini
Games, Heavy Games, dll
No comments:
Post a Comment